Parenting, Perawatan Bayi

Aturan Membuat MPASI yang Tepat bagi Bayi, Orang Tua Wajib Tahu

Hello Parents..

Saat bayi memasuki usia 6 bulan, tentu parents akan bersiap untuk memberikan MPASI pada si kecil pada tahap ini memang dibutuhkab pengetahuan terkait pemberian MPASI. sebab fase ini sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selain mempersiapkan bahan makanan untuk si kecil, ada juga beberapa aturan baik dalam proses penyiapan maupun pengolahan MPASI yang tepat bagi si kecil. Sehingga bayi dapat merasakan manfaat dari pemberian MPASI ini secara optimal. Kira-kira apa saja ya aturan dalam mempersiapkan MPASI bagi bayi yang harus diketahui oleh setiap orang tua?

Yuk, kita bahas parents..

1. Perhatikan Kebersihan

Sebelum menyiapkan MPASI, parents wajib memperhatikan kebersihan baik dari segi peralatan makan, sumber makanan, serta mencuci tangan sampai bersih saat akan menyiapkan MPASI. Kebersihan dapat menghindarkan si kecil dari resiko terkena berbagai penyakit dari bakter-bakteri jahat ataupun kuman. Sehingga jaga kebersihan makanan sebelum diolah dan sebaiknya cuci di air yang mengalir.

2. Gunakan Air yang Matang

Jika Parents mencampurkan air kedalam MPASI, maka pastikan juga airnya adalah air bersih serta air matang dan bukan air mentah. Sebab apabila parents menggunakan air mentah maka dapat membuat si kecil mengalami diare serta meningkatkan risiko penyakit lainnya. Jadi selain sumber makanan, pastikan juga kebersihan airnya ya.

3. Hindari Memasak Terlalu Lama

Sebaiknya saat mengolah makanan bagi si kecil, hindari memasak makanan tersebut terlalu lama sehingga menjadi over cooked. hal tersebut dapat mengurangi nutrisi yang terdapat dalam makanan. namun meskipun begitu, parents harus tetap memastikan setiap makanan yang diolah telah dimasak secara matang secara sempurna ya.

4. Sebaiknya Haluskan Manual

Bayi yang belum bisa makan dengan tekstur padat tentu butuh dibantu dengan menghaluskan makanan tersebut. Sebaiknya saat akan menghaluskan makanan parents tidak menggunakan blender, sebab putaran pisau pada blender bisa menghasilkan panas yang dapatmenguraikan beberapa zat gizi terutama vitamin. Jadi alangkah baiknya saat menghaluskan makanan si kecil dengan menggunakan ulekan atau saringan khusus MPASI.

5. Perhatikan Tekstur

selain rasa parents perlu memperhatikan tekstur dari makanan yang akan diberikan pada si kecil. Sebab tekstur makanan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan usia si kecil. Dikutip dari laman ikatan dokter anak indonesia, ada enam tekstur MPASI di setiap tahapan usia bayi, yaitu pada Usia 6-9 bulan, sebaiknya Makanan dihaluskan menjadi bubur atau dilumatkan hingga halus. Saat Usia 9-12 bulan, bayi mulai dapat diberikan makanan yang dicincang halus atau yang dicincang kasar, selain itu si kecil mulai dapat memegang makanannya sendiri. Saat Usia 12-23 bulan, bayi bisa mencoba makanan yang parents makan dan dihaluskan seperlunya sesuai seleranya.

6. Penggunaan Bahan Makanan

Dilansir dari laman Ikatan dokter anak indonesia, bahwa orang tua bisa menggunakan bahan makanan tertentu sesuai dengan usia si kecil, diantaranya: Protein nabati dan hewani dapat diberikan sejak usia 6 bulan tentunya dengan tekstur yang telah disesuaikan, selain itu Madu dapat diberikan setelah bayi berusia 1 tahun, serta Pemberian jus buah tidak disarankan untuk bayi yang berusia di bawah 1 tahun.

Nah itu dia bun, beberapa aturan yang perlu diperhatikan oleh orang tua saat mempersiapkan MPASI bagi si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat ya parents.

Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *