Parenting, Perawatan Bayi, Tips Parenting

Aktivitas Sederhana yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Bayi

Hello Parents..

Setiap orang tua tentu mengharapkan sang buah hati dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas. Namun kecerdasan ternyata dapat diasah oleh orang tua sejak dini. Untuk menstimulasi kecerdasan bayi ini, ada beberapa aktivitas sederhana dan menyenangkan yang bisa parents lakukan bersama si kecil. Kira-kira apa saja ya aktivitas sederhana yang dapat meningkatkan kecerdasan bayi?

Yuk, kita bahas parents..

1. Lakukan Bonding Time

Menurut beberapa penelitian, orang tua yang sering melakukan kegiatan bonding time dengan bayi dapat menstimulasi kecerdasan dan meningkatkan IQnya. Oleh sebab itu Parents dapat melakukan berbagai kegiatan untuk menjalin ikatan emosional dengan si kecil. Tentunya cara ini sangat mudah sekaligus menyenangkan. Beberapa kegiatan bonding time yang bisa parents lakukan seperti menyusui, menggantikan popok, serta bermain bersama. Selain itu responsif terhadap tangisan si kecil dengan memeluk dan menenangkannya dapat membuat anak merasa aman dan mengirimkan sinyal positif ke otaknya. Dengan memeluk bayi, selain memberikan stimulasi, sekaligus mengenalkan rasa kasih sayang dan cinta. Saat melakukan bonding time sebaiknya ajarkan juga si kecil pada hal-hal yang baru, seperti mengenalkan anggota tubuh saat sedang ganti popok atau pakaian, atau mengenalkan buah-buahan saat sedang makan.

2. Sering Mengajak Bicara

Rutin mengajak bicara atau merespon ocehan bayi merupakan aktivitas sederhan yang mempunyai dampak cukup besar bagi si kecil. Kebiasaan ini bermanfaat untuk menstimulasi kecerdasannya, terutama dalam kemampuan bahasa. Namun saat berbicara dengan si kecil gunakanlah ekspresi dan intonasi yang menarik ya, sebab selain disukai oleh si kecil hal tersebut membuat bayi lebih mudah menirukan apa yang parents katakan. Sering berbicara pada si kecil juga menambah perbandaharaan kosakata si kecil, sehingga ia dapat lebih cepat mengembangkan kemampuan bicaranya.

3. Kenalkan pada Lingkungan Sekitar

Sesekali saat cuaca sedang cerah, parents juga dapat mengajak bayi bermain di luar rumah. Namun karena sedang pandemi saat ini, parents cukup mengajak si kecil bermain di halaman rumah dulu ya.  Dampingi anak saat bermain dan kenalkan ia pada beberapa tumbuhan, hewan, suara, serta warna. Hal ini bermanfaat untuk menambah kosakata dan menstimulasi otak bayi untuk berpikir.

4. Berikan Mainan Sesuai dengan Usianya

Selain dapat membuat bayi menjadi senang, mainan juga dapat bermanfaat untuk menstimulasi perkembangan bayi khususnya perkembangan motorik dan sensorik bayi. Untuk bayi yang berusia 1-3 bulan, berikan mainan yang banyak mengeluarkan suara dan mudah digenggam. Namun Pastikan mainan yang diberikan telah bersertifikasi SNI dan aman bagi bayi ya. Jika bayi sudah berusia 9 bulan ke atas, maka parents dapat memberikan mainan yang dapat melatih kemampuannya untuk berfikir dan melatih ketangkasannya seperti puzzle, lego atau balok susun.

Nah itu dia parents, beberapa cara untuk menstimulasi dan meningkatkan kecerdasan bayi. Mudah-mudahan bayi parents dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *